Tentang

LOPER2

Aufklarung merupakan bulletin yang diterbitkan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Fakultas Pertanian UMY (IMM FP UMY). Nama Aufklarung berasal dari bahasa Jerman yang berarti “pencerahan”. Pada zaman post renaissance nama Aufklarung digunakan oleh sebuah gerakan intelektual, dengan semboyan gerakan tersebut adalah “sapere aude” yang artinya berani berfikir sendiri (baca; sejarah gerakan Aufklarung).

Bulletin Aufklarung mulai aktif menerbitkan tulisan kader IMM FP UMY sejak tahun 2010, dibawah naungan bidang Hikmah IMM FP UMY. Namun pada periode kepemimpinan 2012-2013, penerbitan bulletin tersebut dibawah tanggungjawab Divisi Pers Bidang IPTEK IMM FP UMY. Pada tahun 2013-2014 bulletin Aufklarung melebarkan sayapnya, yaitu dengan terbitnya kilas_aufklarung.com. aufklarung merupakan media bulletin keagamaan, kemahasiswaan dan kemasyarakatan (Trilogi IMM) , sedangkan kilas_aufklarung.com ditujukan sebagai media kabar untuk meliput kegiatan IMM, Lembaga Mahasiswa dan seluruh kegiatan yang terkait dengan kemahasiswaan yang ada di Fakultas Pertanian UMY.

Pada Musyawarah Komisariat (Musykom) IMM FP UMY 2014, memutuskan bahwa Divisi Pers IMM FP UMY dihapuskan. Untuk mewadahi kreativitas kader IMM FP UMY, Aufklarung berubah menjadi komunitas pers yang berstatus lembaga otonom (tidak terikat struktural pimpinan IMM) yang memiliki hak pengelolaan mandiri, dalam pelaksanaanya, tetap dalam pengawasan oleh IMM FP UMY.

Mulai bulan April 2015, “Aufklarung” (baik cetak maupun online) merubah nama resminya menjadi “LOPER AUFKLARUNG”. LOPER AUFKLARUNG menyuguhkan segala informasi yang terkait dengan hal “Dunia Kampus”, baik dalam hal keagamaan, kemahasiswaan, kemasyarakatan dan bidang pertanian dari perspektif dunia akademik.



Iklan