gambar Bidang Dakwah IMM FP Selenggarakan Pelatihan Mengurus Jenazah

dakwah_kita_-1493741472941

Oleh Isniani Nur K

UMY – Bidang Dakwah Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah UMY (PK IMM FP UMY) telah menyelenggarakan pelatihan mengurus jenazah, Senin (01/05/2017) kemarin. Pelatihan ini bertujuan sebagai sarana ukhuwah islamiyah seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian UMY, serta untuk mengetahui tata cara mengurus jenazah sesuai dengan HPT Muhammadiayah dan mampu melakukan praktik tata cara mengurus jenazah dengan baik dan benar.

Pelatihan mengurus jenazah tersebut dilaksanakan di ruang F5.001, gedung F5 Kampus Terpadu UMY dan ikuti oleh kurang lebih 60 orang peserta. Walau didominasi peserta dari mahasiswa Fakultas Pertanian UMY, namun peserta yang mengikuti pelatihan mengurus jenazah kemarin tidak hanya dari fakultas pertanian saja melainkan ada juga yang berasal dari fakutas hukum, vokasi dan ada juga peserta umum.

Pelatihan mengusrus jenazah kali ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama dengan materi fiqih perawatan jenazah oleh Ustadz Chuznul Azhar, S.Pd.I M.Pd.I (LPPI UMY) dan sesi kedua dengan praktik mengurus jenazah oleh Ustadz Umar Said Prawoto, S.Ag. (manager bina rohani islam RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta).

Dalam sesi pertama disampaikan oleh Ustadz Chuznul menyampaikan beberapa hal terkait dengan fiqih perawatan jenazah. Adapun beberapa hal yang disampaikan antara lain : Anjuran mempercepat penguburan jenazah, Larangan bagi wanita mengantar dan masuk area penguburan, Anjuran berdiri ketika jenazah lewat, Larangan meninggikan menembok kuburan, dsb. Dalam penyampaian materi fiqih perawatan jenazah, Ustadz Chuznul Azhar menyertakan beberapa hadist yang mendukung materi tersebut.

Setelah penyampaian materi fiqih perawatan jenazah selesai, pelatihan dilanjutkan dengan praktik mengurus jenazah yang dipandu oleh Ustadz Prawoto. Beliau menyampaikan praktik mengurus jenazah sesuai dengan HPT Muhammadiyah. Dalam kesempatan tersebut Ustadz Prowoto menjelaskan prosesi penurusan jenazah dari mulai memandikan jenazah, mengafani, mensholatkan hingga mengurburkan.

Para peserta sangat antusias dalam mendengarkan materi dari Ustadz Chuznul maupun Ustadz Prawoto. Tak jarang peserta pelatihan menanyakan hal yang belum mereka ketahui atau pahami kepada para pemateri. Selain itu, para peserta juga antusias memperhatikan dan mengikuti tahapan pengurusan jenazah yang dipandu ustadz Prawoto. Malah ada dua orang perwakilan dari peserta putri yang secara langsung mempraktikan proses mengkafani jenazah. Acara pelatihan pengurusan jenazah tersebut ditutup dengan pemberian cindera mata kepada pemateri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s