gambar Cerita Dibalik Kunjungan Lapangan : Fieldtrip sembari Rekreasi

Oleh Rizki Ramadhani

Malang – Satu per satu mahasiswa dan mahasiswi program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UMY angkatan 2016 mulai berdatangan memadati bundaran air mancur yang terletak di tengah-tengah gedung AR Fachrudin pada Selasa malam (28/08/2017). Ada yang membawa koper dan adapula yang menggendong carrier. Ya, malam itu mereka memang dijadwalkan akan menempuh perjalanan jauh malam itu.

Adapun kegiatan tersebut merupakan agenda fieldtrip untuk mahasiswa Program Agroteknologi UMY angkatan 2016. Fieldtrip kali ini akan mengunjungi “Kota Apel” yaitu Malang, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu, rombogan berangkat ke Malang menggunakan 3 buah bis pariwisata.

Kegiatan ini merupakan studi lapangan untuk tiga mata kuliah sekaligus yaitu Teknologi Bahan Tanam, Teknik Budidaya Tanaman, dan Proteksi tanaman. Kegiatan fieldtrip tersebut, diikuti oleh seluruh Mahasiswa-mahasiswi Agroteknologi angkatan 2016 dan didampingi para dosen, diantaranya :  Bapak Bambang heri, bapak Taufiq Hidayat, ibu Etty Handayani dan ibu Harini (staff laboran).

Tujuan kunjungan pada fieldtrip angkatan 2016 tahun ini adalah PT. BISI INTERNATIONAL Tbk yang terletak di Kediri, BALITJESTRO Malang, BPSB Malang, BALITKABI Malang, dan satu kunjungan murni wisata yaitu Perkebunan Rakyat di Batu, Malang. Sedangkan Hotel Grand City Batu menjadi tempat menginap bagi seluruh rombongan peserta fieldtrip tersebut.

Pada kunjungan ini, tempat yang dikunjungi adalah perusahaan dan balai penelitian, mahasiswa nampak antusias mendengarkan penjelasan staff mengenai teknik budidaya, persiapan benih dan pemberantasan hama. Staff di lahan BALITJESTRO bahkan langsung mempraktikkan inokulasi pada salah satu pohon apel.

Hingga kondisi hujan, mahasiswa masih aktif melakukan diskusi dilapangan. Namun sayang, karena hujan semakin deras, mahasiswa diarahkan untuk segera kembali ke ruang pertemuan. Berbanding terbalik, saat kunjungan di BPSB panas matahari sangat terik. Banyak mahasiswa yang mengeluh namun banyak pula yang tetap antusias.

“Ini baru jadi mahasiswa pertanian, belum jadi petani sungguhan tapi sudah pakai perjuangan yang luar biasa”, ungkap salah satu mahasiswa.

Meskipun di hari pertama, rombongan sempat dibuat bingung dengan perbedaan jadwal yang sudah diberikan. Namun ketika sampai di Agrowisata petik apel, Perkebunan Rakyat- Malang rasa lelah para mahasiswa terbayarkan. Di kebun ini, pengunjung diperbolehkan memetik dan memakan apel sepuasnya, juga disediakan kantung kresek bagi yang ingin mengemas pulang.

Karena kunjungan di Perkebunan Rakyat-Malang murni wisata, mahasiswa pun asyik saling bercengkrama dan dihiasi canda tawa. Ada yang sibuk berfoto-foto, dan ada yang sibuk menikmati apel. Bahkan rata-rata mahasiswa menghabiskan 3-5 apel saat kunjungan di Perkebunan Rakyat- Malang.

Menjelang malam, rombongan diantar untuk beristirahat di Hotel Grand City Batu. Pembagian kamar diserahkan kepada penanggung jawab kelas. Hotel tersebut terletak di pinggir jalan raya Kota Batu dengan fasilitas café, taman bermain dan kolam renang. Meskipun suhu mencapai 23 derajat celsius, tak mengurungan niat mahasiswa untuk berenang. Lokasi hotel yang strategis juga membuat mahasiswa betah begadang untuk melepas penat, banyak juga yang sempat berwisata kuliner malam.

Kamis malam (30/03/2017) usai kunjungan terakhir, rombongan bersiap pulang ke Yogyakarta. Buah tangan dari malang sudah didapatkan dari Pusat Oleh-Oleh Brawijaya, Malang. Tidak tanggung-tanggung, EO fieldtrip memberikan alokasi waktu dua jam untuk membeli oleh-oleh. Pada perjalanan pulang, antusiasme tetap membara diantara mahasiswa. Banyak yang masih kuat berkaraoke di bus hingga tengah malam. Akhirnya, Rombongan kembali sampai di kampus UMY pada Jum’at dini hari (31/03/2017) dengan selamat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s