gambar Khataman Al-Qur’an Prodi Agribisnis UMY: Bersama Al-Qur’an Menjadi Generasi Terdepan

himaseptaumy-1483685945648.jpg
Sumber : Instagram.com/himaseptaumy

Laporan Wangsit Juniawan

UMY- Program Studi Agribisnis UMY kembali mengadakan agenda rutin setiap akhir semester yaitu khataman Al-Qur’an Jum’at pagi (06/01/2017). Acara Khataman Agibisnis ini dihadiri oleh Mahasiswa Agribisnis dari berbagai angkatan, Dosen, dan juga Karyawan.

Pada acara khataman kali ini kepanitiaan berasal dari Kelas Agribisnis D 2015 yang diketuai oleh Muhammad Faisal Fachrur. Dalam Khataman ini, panitia mengambil tema “Bersama Al-Qur’an Menjadi Generasi Terdepan”.

Acara dimulai pada pukul 09:00 WIB dengan agenda pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia pelaksana dan Kaprodi Agribisnis Ir. Eni Estianti MP.

Dalam sambutannya M. Faisal Fachrur selaku ketua panitia menyampaikan harapannya bahwa sebagai mahasiswa muslim seharusnya jangan hanya menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan dan hafalan saja.

“Sebagai mahasiswa muslim seharusnya jangan hanya menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan dan hafalan saja, namun juga harus diterapkan dalam kehidupanakademis mahasiswa” ujar Faisal saat memberikan sambutan

Disisi lain, Kaprodi Agribisnis Ir. Eni Estianai MP  juga berharap bahwa seharusnya Al-Qur’an bukan hanya menjadi bahan bacaan semata.

“Saya berharap bahwa seharusnya Al-Qur’an juga jangan dijadikan sebagai bahan bacaan semata namun juga benar-benar menjadi referensi sumber ilmu” ungkap Kaprodi Agribisni saat memberikan sambutan.

Selanjutnnya, acara dilanjutkan dengan Tausiyah yang diisi oleh Mahasiswa Agribisnis angkatan 2013 yaitu Sahibani. Tausiyah kali ini membahas tentang memasukan ruh Al-Qur’an pada jiwa sahabat nabi, sebagai penguat dalam memperjuangkan Islam.

Sebagai mahasiswa juga seharusnya menerapkan hal tersebut agar mampu menjadi generasi yang terdepan dengan dasar Al-Qur’an

Memasuki acara yang paling inti yaitu membaca Al-Qur’an secara bersama untuk mengkhatamkan bacaan Mahasiswa Agribisnis FP UMY selama masa kuliah setahun terakhir.

Masing-masing kelas mewakilkan satu orang untuk membaca Al-Qur’an di depan dan yang lainnya mengikuti sampa khatam di surat ke 114.

Acara Khataman Al Qur’an kali ini juga terasa sangat special, hal tersebut dikarenakan Prodi Agribisnis beberapa saat yang lalu baru saja menerima anugerah akreditasi “A”.

Sehingga acara khataman kali ini juga bertujuan untuk Tasyakuran Prodi Agribisni atas akreditasi “A” yang didapat..

Setelah serangkaian acara terlewati maka sampailah pada penghujung acara yaitu pengumuman-penngumuman dari pihak Prodi mengenai hal-hal akademis Prodi Agribinis FP UMY.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan. Penghargaan ini terdiri dari Mahasiswa berprestasi pada massing-msing kelas, mahaiswa peraih juara 1 nasional lomba business plan (Nellysa Ayu VC, Neysa Arfianti, dan, Nia), juara 3 lomba pemberdayaan masyrkat (Noval Ahmad Farid, Soraya Nur Aina, dan Afina Nadida). [WJ]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s