gambar MIMPI BESAR MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UMY

Oleh : Rifqi Khoirul Anam

-pernah aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Pertanian UMY. Peserta setia kongres 2012, 2013 dan 2014-

Saya yakin! bahwa akan ada ‘Tokoh-tokoh besar’ yang lahir dari rahim Fakultas Pertanian UMY. Dan tugas kita adalah membukakan jalan untuk kelahirannya.

IMG-20160608-WA0013

Tokoh-tokoh yang entah kapan lahirnya itu tidaklah muncul begitu saja. Butuh perjuangan keras dari mahasiswa saat ini untuk mewujudkan keberadaannya. Oleh karenanya, segenap pihak dan khususnya Lembaga Mahasiswa Fakultas Pertanian UMY (baca : BEM, DPM, HIMAGRO dan HIMASEPTA, termasuk juga ortom Muhammadiyah di Fakultas Pertanian, IMM FP UMY) sebagai kawah candradimuka-nya tokoh-tokoh tersebut, haruslah satu visi dan bekerjasama.

Visi bersama antar lembaga mahasiswa tersebut haruslah direncanakan secara matang. Juga harus disinergikan dengan apa yang menjadi tujuan Fakultas Pertanian UMY, yaitu “menghasilkan sarjana pertanian yang berakhlaq mulia dan profesional dibidang pertanian yang mampu bersaing di pasar global”, dan dilengkapi dengan misinya “mengembangkan peserta didik yang berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi bdang pertanian, berakhlaq mulia, mempunyai wawasan luas, percaya diri dan mandiri serta mampu bersaing di pasar global”[i].

Untuk menyusun visi bersama Lembaga Mahasiswa, maka diperlukan forum akbar yang didalamnya berisi kumpulan mahasiswa-mahasiswa yang memang berkepentingan dalam rangka membangun kualitas mahasiswa Fakultas Pertanian UMY. Forum akbar tersebut, salah satunya adalah Kongres Mahasiswa atau yang biasa disebut Kongres KM FP UMY.

Forum Kongres KM FP UMY sejatinya forum tinggi yang digelar setahun sekali. Forum yang akan menentukan gerakan serta gebrakan baru organisasi, media pendadaran mahasiswa di Fakultas Pertanian UMY. Pasca Kongres KM FP UMY 2013 lalu misalnya, muncul wacana “Pertanian Satu”, yang dimaksudkan untuk menyatukan dan mensinergikan gerak lembaga mahasiswa untuk melaksanakan visi bersama membangun budaya organisasi, mewadahi potensi, serta membangun tradisi keilmuan mahasiswa.

Kemudian pada Kongres 2014 misalnya, kesadaran akan pentingnya organisasi mulai terlihat. Salah satunya dengan diperhatikannya fungsi legislatif dalam DEMA (Dewan Mahasiswa) FP UMY. Hal itu ditandai dengan adanya Departemen Legislatif dalam struktur organisasi DEMA FP UMY periode 2014-2015. Adanya Departemen tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan sumberdaya manusia (SDM) diranah legislatif.

Pada kongres KM FP UMY 2015, dengan mempertimbangkan fungsi legislatif dan eksekutif dari Dewan Mahasiswa, forum memutuskan bahwa DEMA dipecah menjadi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) sebagai fungsi eksekutif dan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) sebagai fungsi legislatif. Kini BEM dan DPM telah berjalan satu periode lamanya. Evaluasi kinerja keduanya dilangsungkan dalam forum Kongres KM FP UMY 2016.

Tanda-tanda perkembangan kesadaran berorganisasi sudah mulai muncul, meskipun ada juga kelemahan-kelemahan dibalik itu. Seperti semangat persatuan dan rasa kekeluargaan yang mulai luntur. Tidak sedikit mahasiswa aktivis organisasi yang hanya mengedepankan ambisi individu atau golongannya masing-masing. Serta merta menutup diri atas kritikan-kritikan. Padahal kritik evaluasi apabila dicermati lebih dalam adalah bersifat membangun. Ingatlah, kritik itu bukan untuk menjatuhkan.

Dan kini semua berharap besar pada Kongres KM FP UMY yang digelar pada 6-8 Juni 2016. Barangkali kongres ini menjadi salah satu jalan melahirkan para tokoh. Maka forum harus menghasilkan keputusan-keputusan berkualitas demi membangun sebuah sistem produksi tokoh-tokoh besar itu. Dengan itu, maka jalan untuk mewujudkan mimpi besar mahasiswa Fakultas Pertanian UMY akan terbuka lebar.

*(Bersambung)


[i] Visi dan Misi Fakultas Pertanian UMY dalam www.umy.ac.id/fakultas-pertanian/profil-fakultas/visi-dan-misi-fakultas-pertanian

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s