gambar Gebyar Agriculture Season 5 BEM FP UMY

Laporan Dedes Erlina S [i]

IMG-20160306-WA0004

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM FP UMY) usai menggelar hajatan akbar yang dilaksanakan setahun sekali yaitu acara Gebyar Agriculture (GA). Tepatnya pada tanggal 3-4 Maret 2016 kemarin, bertempat di Kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dengan resmi dibuka Dekan Fakultas Pertanian UMY, Ir. Hj. Sarjiyah, M.S tanggal 3 Maret 2016 di ruang Mini Teater Gedung D UMY.

Program GA ini sudah menjadi program kerja dari Departemen Keilmuan BEM FP UMY (dulu DEMA FP UMY) sejak tahun 2012. Pada tahun ini, Gebyar Agriculture sudah menginjak season ke 5. Gebyar Agricuture Season 5 kali ini bertema “Transformasi Pertanian Menuju Generasi Muda yang Siap Bersaing”. Dari tema tersebut diharapkan dengan adanya Gebyar Agricuture Season 5 dapat memunculkan inovasi dan motivasi baru dalam menghadapi persaingan dalam bidang pertanian tingkat dunia.

Dalam program GA Season 5 tersebut menghadirkan beberapa kegiatan, yaitu Debate Contest mahasiswa, LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) siswa-siswi SMA/SMK/sederajat se-Indonesia dan Workshop pertanian.

Debate Contest diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Pertanian UMY angkatan 2013 hingga 2015 yang merupakan perwakilan tiap kelas. Setelah dilakukan babak kualifikasi pada hari Senin-Selasa, 29 Februari-1 Maret 2016, kemudian usai acara pembukaan GA pada Kamis 3 Maret 2016, digelar babak final Debate Contest. Agribisnis D 2015 tampil sebagai juara Debate Contest tersebut, setelah mengalahkan Agribisnis B 2014.

Selanjutnya, Lomba Karya Tulis Ilmiah yang menjadi acara puncak Gebyar Agriculture Season 5. LKTI digelar pada hari Jumat, 4 Maret 2016. Peserta LKTI merupakan tim yang mewakili SMA/SMK/sederajat se-Indonesia. LKTI diikuti oleh 10 tim yang sebelumnya telah mengikuti proses seleksi dan dinyatakan lolos pada 27 Februari 2016 lalu. Dari 10 tim yang telah lolos seleksi mempresentasikan karya ilmiah mereka masing-masing. Satu tim di berikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan karya tulis ilmiah mereka dan 10 menit untuk sesi tanya jawab oleh juri.

IMG-20160306-WA0005

Dari hasil penilaian tim juri, yang terdiri dari  Muhammad Fauzan, S.P., M.Sc. dan Ir. Siti Yusi Rusimah, M.S., Dosen Agribisnis Fakultas Pertanian UMY serta Ir. Agung Astuti MSi, Dosen Agroteknologi Fakultas Pertanain UMY, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dimenangkan oleh SMK SMTI Yogyakarta sebagai juara 1 dengan judul naskah “Pengembanagan Limbah Bonggol Pisang Menjadi BOLANG (Brownis Bonggol Pisang) Sebagai Solusi Cerdas Menuju Kedaulatan Pangan Indonesia”. SMK SMTI berhasil mempertahankan peringkatnya, setelah pada LKTI GA season 4 juga meraih juara 1. Kemudian juara 2 dan 3 berturut-turut adalah SMA 1 Cangkringan dan SMA 3 Purworejo.

Acara terakhir, Workshop Pertanian yang diisi oleh Dr. Ir. Gunawan Budiyanto M.P. Dosen Fakultas Pertanian UMY yang juga penulis buku Manajemen Sumber Daya Lahan tersebut menyampaikan tentang prospek pertanian masa depan dan pertanian dalam sudut pandang yang lebih luas. Dihadiri pula Sevi Fortunika, Hanif Nafiah dan Dwi Rohmat, mahasiswa Agribisnis UMY serta Hasnan Habib, Husama Allauddin Bariq dan Hendi, mahasiswa Agroteknologi UMY, yang menjadi penyedap forum Workshop Pertanian tersebut.

Acara Gebyar Agriculture ditutup dengan penampilan paduan suara Fasco Voice dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Agama Islam UMY.


[i] Anggota BEM FP UMY. Email : dedeserlina18@gmail.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s