gambar IMM FP UMY Melaksanakan Up Grading Pimpinan di Parangtritis

Laporan Endah Panca

IMG-20160224-WA0000

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Pertanian Univertsitas Muhammadiyah Yogyakarta (IMM FP UMY) baru saja melaksakan acara UpGrading Pimpinan, Sabtu-Ahad (20-21/02/16) kemarin. Bertempat di Villa Rangdo Pondok Bambu, Parangtritis. Acara tersebut diikuti oleh 26 orang Pimpinan Komisariat IMM FP UMY, yang terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara, para Ketua Bidang dan Sekretaris Bidang, serta para anggota masing-masing bidang.

Kegiatan UpGrading Pimpinan tersebut difasilitasi oleh Bidang Organisasi PK IMM FP UMY. Bidang Organ menyelenggrakan kegiatan tersebut sesuai dengan landasan dalam Tanfidz Muktamar DPP IMM, salah satunya yaitu melakukan konsolidasi (evaluasi dan kontrol) organisasi dari dan antar bidang dalam menata terciptanya stabilitas organisasi. Selain itu, landasan lainnya adalah Tanfidz Musykom IMM FP UMY yaitu melakukan evaluasi program kerja sesuai kegiatan.

Sebelum menuju lokasi, para pimpinan atau seluruh pengurus IMM FP UMY, mulai dari Ketua Umum, Sekretaris Umum dan Bendahara, serta BPH (badan pengurus harian) yaitu Ketua Bidang dan Sekretaris Bidang, dan anggota dari masing-masing bidang tersebut melaksanakan acara pembukaan upgrading yang dilaksanakan pada Sabtu (20/02/16) di Ruang Kuliah F5.001 Kampus Terpadu UMY. Upgrading resmi dibuka oleh IMMawan Fajri Fauzi selaku Ketua Umum IMM FP UMY. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa momentum up-grading tersebut harus dilaksanakan sebaik mungkin. “Jadikan up-grading sebagai evaluasi tengah periode dengan baik, karena nantinya sebagai bahan untuk meng-upgrade atau memperbaiki pribadi masing-masing dan organisasi”, ungkapnya.

Pemberangkatan menuju lokasi upgrading dibagi menjadi dua kloter, kloter pertama pukul 12.00 WIB dan kloter kedua pukul 14.00 WIB. Setelah tiba di lokasi, pimpinan makan bersama dengan menu ala kadarnya. Hal tersebut tidak membuat pimpinan risau karena kesederhananlah yang membuat para pimpinan benar-benar menyatu sebagai keluarga yang sangat erat.

Acara inti upgrading, yaitu evaluasi program kegiatan dari masing-masing bidang di PK IMM FP UMY, yaitu Bidang Organ, Bidang Kader, Bidang Sosek (sosial-ekonomi), Bidang Rispek (riset dan pengembangan teknologi), Bidang Dakwah, Bidang IMMawati, Bidang Hikmah dan Bidang SBO (seni budaya dan olahraga).

Pembahasan evaluasi program kerja dari masing-masing bidang dilakukan secara mendalam sehingga tak heran jika evaluasi tersebut benar-benar mendetail mulai dari kritik yang membangun, saran serta beberapa ide baru yang muncul. Diharapkan dari evaluasi program kerja tiap bidang tersebut dapat memperbaiki apa yang telah disampaikan oleh para pimpinan atau bidang lain sehingga kedepannya akan menjadi lebih baik lagi dan terus berfaskho (fastabiqulkhoirot – berlomba-lomba dalam kebaikan) demi kemaslahatan ummat.

Di penghujung acara, pimpinan kedatangan tamu istimewa yaitu para demisoner yang telah diundang sebelumnya. Demisioner yang hadir diantaranya IMMawan Satrio Widi dan Dian Mashuda dari angkatan 2010, IMMawan Rifqi, Deta, Bustamil dan IMMawati Jumiati dari angkatan 2011, IMMawan Bagus, Khoirudin, Takaful, Muhlis, Teguh, Rizky, Yakub dan IMMawati Vidya dari angkatan 2012.

Para demisioner hadir pada hari Ahad (21/02/16) pukul 07.00 WIB. Senyum dan sapa hangat dari pimpinan kepada demisioner melambangkan ungkapan terimakasih atas partisipasinya untuk hadir pada up-grading kali ini. Kehadiran demisioner disambut dengan sarapan pagi bersama. Udara sejuk dan angin sepoi-sepoi dipinggir sawah serta terik hangat sinar matahari membuat sarapan menjadi lebih sempurna.

Acara kemudian diisi dengan diskusi dengan tema peran alumni IMM FP UMY yang dipandu oleh IMMawan Rifqi. Ia menyampaikan beberapa peran alumni, yaitu alumni sebagai penasehat, pembantu jaringan, pembantu finansial serta alumni sebagai pembantu kinerja oraganisasi. Usai diskusi, acara ditutup oleh IMMawati Devy, selaku Ketua Bidang Organ dan penanggungjawab acara upgrading.

IMMawati Heni, Sekretaris Umum IMM FP UMY berharap dengan adanya up-grading ini dapat meningkatkan kesadaran serta tanggungjawab berorganisasi. “Kita harus lebih sadar lagi dengan tanggungjawab kita di IMM, dan kepada seluruh kader pimpinan agar lebih berperan dalam setiap kegiatan yang kita agendakan serta menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan” ujarnya. Heni juga mengungkapkan bahwa acara seperti agar lebih sering dilaksanakan baik dalam agenda formal maupun informal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s