MATAF FAPERTA 2015, MABA ANTUSIAS

Masa Ta’aruf (Mataf) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah dibuka Senin (31/08) kemarin. Semarak penyambutan mahasiswa baru 2015 tampak disetiap Fakultas di UMY, tak terkecuali Fakultas Pertanian UMY.

Seperti halnya dengan Fakultas lain, Fakultas Pertanian UMY juga sudah memulai rangkaian Mataf tahun 2015. Mataf Fakultas Pertanian UMY 2015 diikuti 355 orang Mahasiswa dari total 383 Mahasiswa yang diterima. Hari Pertama Mataf FP UMY 2015 yang bertema “Transformasi Masa Ta’aruf menuju Mahasiswa Fakultas Pertanian yang Berintegritas” tersebut, berlangsung meriah, tertib dan lancar.

 Hussama Allaudin Bariq, sebagai Ketua Panitia Mataf, menuturkan bahwa “Mataf bertujuan untuk memperkenalkan sesama mahasiswa baru (Maba), Maba terhadap kakak angkatan dan juga Maba terhadap lingkungan kampus maupun dosen dan semua staf yang ada di Fakultas Pertanian” terang Mahasiswa angkatan 2013 yang aktif dalam berbagai organisasi dikampus tersebut. “Mahasiswa harus Berorganisasi, jangan hanya kuliah-pulang kuliah-pulang (kupu-kupu)”, tambahnya pada Mahasiswa Baru Fakultas Pertanian UMY 2015.

Mataf Berbeda

Sevi Fortunika selaku Koordinator Lapangan (Korlap) mengatakan bahwa “Mataf tahun ini berbeda dengan sebelumnya, baik dari segi konsep, atribut dan durasi waktu mataf”. “Tahun ini Mataf FP UMY menggunakan konsep yang lebih mendidik dan juga lebih mementingkan essensi dari pada Tradisi”, sesuai dengan ketetapan Menteri Pendidikan, Mataf tidak boleh mengenakan atribut yang aneh, olehnya diganti dengan membuat Miniatur Gedung Fakultas Pertanian UMY, agar Maba lebih mengenal Fakultasnya.

Durasi waktu Mataf kali ini juga berbeda. “Biasanya Mataf dimulai pukul 05.00 sampai 18.00 WIB, namun tahun ini dirubah sesuai ketentuan Universitas menjadi dimulai pukul 05.30 dan harus selesai pada jam 16.30” ujar Anggha Sulung selaku Koordinator Acara Mataf FP UMY 2015. Dia juga menabahkan bahwa “Sebenarnya waktu mataf yang seperti itu agaknya terlalu singkat, namun dari Divisi Acara sendiri harus mengatur sedemikian rupa, agar Mataf 2015 berjalan maksimal” tambahnya.

Antusiasme Peserta Mataf

Peserta Mataf tampak sangat antusias mengikuti acara demi acara. Bachtiar, mahasiswa baru FP UMY saat diwawancarai kesan Mataf menuturkan “hari pertama sangat menyenangkan, tapi juga sedikit melelahkan, saat membuat miniatur gedung pertanian dalam waktu yang singkat dan membutuhkan kreativitas tinggi”.

Pelaksanaan Mataf FP UMY hari kedua dan ketiga, akan dilanjutkan dengan Pengenalan Fakultas, Program Studi, Organisasi Mahasiswa, Motivasi dan lainnya. Mataf FP UMY 2015 diharapkan dapat memberi dampak positif, pada mahasiswa baru, agar tujuan dan esensi masa ta’aruf dapat tercapai. (I’M)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s