Tak Sekadar Move on

Oleh : Vidya Mar’atusholikha

 

Move on, kata yang sekarang booming di mana-mana terutama di ranah remaja termasuk mahasiswa. Move On adalah serapan kata dari bahasa inggris yang berartikan berpindah, akan tetapi banyak orang yang mengasumsikan kata Move On ini dengan arti yang berbeda, seperti pindah ke lain hati, melupakan kenangan buruk dari masa lalunya (Kompasiana, diakses pada 29 Oktober 2013). But now, mari kita telusuri arti lain dari Move On selain patah hati dan kawan-kawannya. Move On bersifat general, tidak melulu membahas tentang cinta melainkan bisa diartikan dalam banyak kata. Banyak fenomena yang menyebabkan hukum sebab – akibat terjadi sehingga, membuat kita banyak belajar dan memahami. Beberapa diantaranya dapat menjadi cambuk bagi kita, sehingga orang menjadikannya itu sebagai pelajaran dan catatan dalam hidupnya yang tidak pernah terlupakan.

Menjadi mahasiswa, merupakan salah satu Move On dari status siswa menjadi status yang lebih tinggi yaitu mahasiswa. Sebagai siswa, pasti memiliki target untuk bisa memperoleh kesempatan untuk melanjutkan di  jenjang pendidikan yang lebih baik. Semua itu tidak terlepas dari famousnya perguruan tinggi, peluang dan kesempatan. Seringkali, dalam proses menuju status mahasiswa banyak yang mengalami kegagalan misalnya tidak masuk di fakultas yang diinginkan baik karena kurang beruntung dalam seleksi atau pertimbangan orang tua. Berikut ini adalah cara bagaimana kita mengontrol hati dalam rangka Move On :

  1. Ikhlas atau menerima kenyataan

Ikhlas memang tiada mudah untuk dilakukan, akan tetapi perlu kita ingat bahwa Allah mencintai hambaNya yang melakukan suatu hal walaupun kecil tapi sering dilakukan. Melalui ikhlas, senantiasa menjadikan kita terbiasa untuk melaksanakan kewajiban dengan rasa nyaman.

  1. Berilah yang terbaik

Seringkali keinginan tidak sesuai dengan harapan. Tidak masuk fakultas yang diinginkan misalnya. Hal tersebut seyogyanya jangan sampai membuat patah semangat, melainkan harus tertantang untuk menjadikan diri lebih baik. Banyak yang mengatakan “tak kenal, maka tak sayang” mungkin ini serupa dengan yang tidak masuk fakultas yang diinginkan maka tidak akan sayang dan serius dengan fakultasnya. Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah : 216 “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu menjadi sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. Jadikan hal ini sebagai kesempatan untuk menggali ilmu selain ilmu yang kita miliki, karena semakin banyak orang berilmu maka Allah akan meninggikan derajatnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS. AL-Mujadalah : 11 “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”

  1. Membuka diri dengan situasi

Menjadi mahasiswa apalagi di luar kota merupakan satu hal yang sangat baru bagi seorang remaja. Lingkungan baru, teman baru kultur baru dan sistem belajar yang baru tentunya. Hal-hal tersebut tentunya harus dipersiapkan dengan matang agar tidak terjadi hal-hal yang negatif seperti homesick, rasa tidak nyaman sehingga mengganggu proses belajar, konflik sosial. Perlu diketahui, ada baiknya untuk mempelajari kultur budaya di suatu kota yang akan kita tempati terlebih dahulu antara lain makanan, sosial,  dan bahasa. Hal tersebut dilakukan agar tidak membuat kaget ketika sampai di kota tersebut. Setelah mempelajari kultur budayanya, ada baiknya mencoba untuk membuka diri dengan situasi yang ada di kota tersebut.

  1. Enjoy your life, karena hidup hanya sekali.

 

Memang, kadangkala menajalni Move On tidak semudah membalikkan telapak tangan. Akan tetapi, mungkin lebih nyaman apabila Move On dijalani sebagai “kontrol hati” dalam diri sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s