FAPERTA UMY Mendunia; Program Kerjasama Kampus Se-ASEAN

Fa    

Muda Mendunia, adalah tagline Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang sekarang gencar direalisasikan disetiap sudut disiplin ilmu di dalamnya. Tagline ini tidak sembarang tagline, melainkan sebuah tagline yang harus dibuktikan kepada seluruh penjuru masyarakat akademik bahwa UMY mampu bergelora di kancah Internasional. Berbagai upaya “mendunia” dilakukan agar dapat terwujud tagline tersebut. Dimulai dari program-program biasa, hingga program luar biasa. Hal ini tentu saja didukung oleh berbagai pihak seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu sendiri.

Salah satu disiplin ilmu yang turut serta mendunia adalah Pertanian. Fakultas Pertanian UMY, kini sedang mengepakkan sayapnya dikancah internasional, khususnya di ASEAN. Berbagai program ditawarkan kepada seluruh civitas akademika, khususnya mahasiswa Pertanian seperti Sit In, Learning Express/KKN International dan Magang International yang semuanya merupakan intoduction programe akan tetapi dapat memberikan pengaruh besar bagi seluruh civitas akademika fakultas pertanian, khususnya kepada mahasiswa.

Learning Express merupakan salah satu program andalan dari IRO UMY yang banyak diminati mahasiswa. Learning Express sendiri sudah berlangsung lama diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Singapore Polytechnic, Kanazawa Institut Technology Japan dan UPN Yogyakarta. Sistem kegiatan ini serupa dengan KKN, hanya metode yang di gunakan adalah design thinking methods. Kegiatan ini paling banyak diminati oleh mahasiswa UMY, khususnya mahasiswa Fakultas Pertanian. Pada tahun 2013, 2014 dan 2015 sejumlah mahasiswa Fakultas Pertanian mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Learning Express dengan menjadi peserta tetap. Hal ini membuktikan bahwa adanya sebuah keseriusan dalam diri mahasiswa dalam menduniakan kampus khususnya di Fakultas Pertanian. Di luar program IRO, beberapa mahasiswa juga sempat mencoba untuk mengikuti seleksi program International lainnya seperti Studi Lanjut di USA, Jepang dan lain-lain.

Sit In adalah kegiatan yang disuguhkan kepada mahasiswa berupa pengenalan kampus luar negeri di ASEAN yang di dalamnya berisi kegiatan studi banding, culture education, dan pengenalan kuliah di luar negeri. Dari kegiatan Sit In ini, mahasiswa dapat merasakan bagaimana kuliah di luar negeri serta mendapatkan gambaran apabila ingin melakukan studi lanjut nantinya. Sit In perdana yang dilaksanakan Fakultas Pertanian, pada tanggal 27 April hingga tanggal 2 Mei 2015 di Thailand sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa.

Kegiatan ini diawali dengan kunjungan mahasiswa dan dosen pembimbing ke Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia yang bertempat di Kota Bangkok. Kunjungan tersebut memberikan informasi tentang bagaimana sistem pemerintahan di Thailand, sistem kebijakan pertanian (hasil, produk, penjualan), sistem pendidikan dan lain-lain. Berbeda jauh dengan Indonesia. Thailand mengutamakan untuk mengonsumsi produk dalam negeri sebelum benar-benar mengalami kekurangan suatu produk. Dari segi pemasaran hasil pertanian, Thailand memiliki sistem dan management yang sangat menarik dimana masyarakat mengemas produknya sebegitu menarik mungkin, sehingga mendatangkan devisa yang cukup besar bagi Thailand. Selain itu, peserta Sit In juga berkesempatan untuk berfoto bersama dengan pihak Kedutaan Besar Indonesia di Bangkok.

Setelah melakukan kunjungan di Indonesian Embassy, kegiatan selanjutnya adalah menuju Khon Khaen dengan menempuh perjalanan satu jam jalur udara. Khon Khaen merupakan salah satu kabupaten di Bangkok, di sinilah tujuan kami akan segera terlaksana. Khon Khaen University, merupakan salah satu universitas ternama di Khon Khaen. Memiliki lahan 4000 hektar, membutan kampus tersebut seperti Kota tersendiri. Kegiatan di sana meliputi campus tour, kunjungan laboratorium penelitian serta kerjasama UMY dan KKU untuk follow up atau kelanjutan dari Sit In. Kegiatan di KKU sangat membuat peserta Sit In terkesima dengan sistem pendidikannya. Tidak hanya dari segi sarana dan prasarana kampus yang memadai, akan tetapi bagaimana mahasiswa KKU dalam bersosialisasi, membiasakan sopan santun di jalam, hal tersebut dilihat ketika akan turun dari bus kampus dengan memberikan salam dan terimakasih kepada supir bus. Selain itu peserta Sit In mendapatkan wawasan tambahan di Fakultas Pertanian KKU, seperti menanam buah pada off season, integrated farming system, aquaponic, bahan tanam jagung ungu, serta post harvest.

Magang international, merupakan follow up dari kegiatan Sit In. Kerjasama yang dilaksanakan oleh UMY dan KKU berupa kegiatan untuk mahasiswa salah satu diantaranya adalah magang atau PKL. Magang yang diselenggarakan ini, memiliki keistimewaan tersendiri. Selain waktunya yang singkat dan juga disajikan dalam bahasa internasional atau bahasa inggris, magang ini dimulai dengan training terlebih dahulu kepada calon peserta magang. Training yang dilakukan seperti conversation, penulisan proposal dalam bahasa inggris, dan lain-lain. Ini sangat menguntungkan bagi peserta magang internasional, selain mendapatkan pengalaman magang di luar negeri juga mendapatkan bonus training bahasa inggris yang tidak hanya digunakan untuk magang, tetapi juga digunakan untuk masa yang akan datang.

Kesempatan sebaiknya tidak hanya ditunggu, melainkan dijemput oleh diri kita sendiri selagi kita mampu untuk menggapainya. Tinggalkan “the indonesian habit” dalam rangka mencari gratisan, karena pada dasarnya semua sudah kita dapatkan secara cuma-cuma dari Allah seperti bernafas, bergerak, berpikir, bekerja dan lain-lain sehinga, tinggal bagaimana kita memanagement seluruh pemberian dari Allah dengan memanfaatkan setiap rizqinya. “Allah memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan”.

Billahifiisabililhaq Fastabiqul Khoirot

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s