Milad FP UMY? Sejarah Singkat Fakultas Pertanian UMY

Sejarah fakultas pertanian UMY bermula dari terbitnya peraturan bahwa berdirinya sebuah universitas disyaratkan terdiri dari minimal 2 fakultas eksakta. Persyaratan ini bagi UMY yang telah berdiri  sejak 1 Maret 1981 tidak dipandang sebagai hambatan. Beberapa tokoh UMY yang memang berlatar belakang pendidikan pertanian, antara lain Ir. H.M. Darson Hamid, M. Sc, Ir. Margono Partodidjojo, Dr.Ir. H. Supriyanto N., M.Sc. dan Dr.Ir. Muhyidin Mawardi, M.Eng. segera mempersiapkan berdirinya fakultas pertanian. Setelah dipersiapkan cukup matang, berdirilah fakultas pertanian UMY yang mengasuh satu jurusan yaitu budidaya pertanian dan mulai menerima mahasiswa baru pada bulan juni 1984. Dalam perkembangannya, fakultas pertanian menambah satu jurusan yaitu Sosial Ekonomi Pertanian dan mulai memerima mahasiswa baru pada tahun 1986.

kampus-4

Sumber: google.com

Dalam perjalanannya, fakultas pertanian dengan berbagai upaya maupun mengejar ketertinggalannya sehingga pada tahun 1987 mendapat status TERDAFTAR melalui Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 04/27/0/1987, tertanggal 23 Juli 1987 untuk jurusan budidaya pertanian dan sosial ekonomi pertanian. Pada tahun 1992 jurusan budidaya pertanian maupun sosial ekonomi pertanian mengalami peningkatan status menjadi DIAKUI. Berkat kerjasama yang baik dan kerja keras dari seluruh civitas akademika maka pada tahun 1995 kedua jurusan di fakultas pertanian UMY mendapat status DIAMAKAN dengan diterbitkan surat keputusan Dirjen Dikti No. 66/DIKTI/KOP/1995. Selanjutnya dengan telah bekerjanya badan akreditasi nasional perguruan tinggi (BAN-PT) melalui evaluasi dan penilaian yang ketat maka pada tahun 1997 jurusan – program studi agronomi dan program studi agrobisnis fakultas pertanian UMY mendapatkan status TERAKREDITASI dengan peringkat “B” berdasarkan surat keputusan Mendikbud tahun 2003 Bo. VI/S1/IV/2003. Pada tahun 2008, dengan mendasarkan surat keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No. 163 Tahun 2007 tentang penataan dan kodifikasi program studi di fakultas pertanian UMY dengan nama jurusan – Program Studi Agroteknologi dan Jurusan – Program Studi Agribisnis. Selanjutnya kedua prodi telah melakukan reakreditasi dan mendapatkan status AKREDITASI dengan peringkat “B” dari badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2008 (SK BAN PT No. 020/BAN-PT/Ak-XI/S1?VIII/2008).

Hingga sekarang salah satu prodi dari fakultas pertanian UMY yaitu Prodi Agroteknologi Mendapat status Akreditasi “A” melalui SK BAN-PT 200/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/VII/2014. Yang turun pada tahun 2014 kemarin. [YS]

Sumber: Buku panduan Akademik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2012/2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s