31 Tahun Fakultas Pertanian UMY; Jangan Lupakan Sejarah #1 (Yuk Daftar Fakultas Pertanian UMY)

Tulisan dibawah ini ditemukan kembali oleh tim redaksi Loper Aufklarung (LA) disitus web Universitas Muhammadiyah Malang (directory.umm.ac.id), setelah sebelumnya pernah dimuat di Majalah Suara Muhammadiyah (SM) Edisi 08 Tahun 2002. Dari tulisan sederhana ini menunjukkan sejarah perjuangan Fakultas Pertanian UMY, terutama dalam mempromosikan diri. Menjadi perlu digaris bawahi, pada saat itu begitu dekatnya hubungan antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan Universitas Muhammadiyah Malang yang telah sangat banyak membantu memperkenalkan Fakultas Pertanian ke khalayak.

Kini Fakultas Pertanian UMY sudah semakin maju, bahkan namanya mulai mendunia, terutama di ASEAN. Itu semua berkat usaha keras bersama, baik civitas akademika UMY, UMM, Persyarikatan Muhammadiyah, serta atas ridho Allah SWT tentunya. Semoga Kerjasama yang baik tersebut tetap terjalin.

 

Negara Indonesia adalah negara agraris, artinya sektor pertanian menjadi tumpuan hidup sebagian besar penduduknya. Meski sudah banyak orang hidup dalam dunia pertanian, tetapi lapangan kerja dalam dunia ini masih terbuka luas. Ini karena tanah Indonesia sangat subur, kaya akan sumber daya pertanian, bahkan mampu dan layak diekspor.

Bahkan menurut Menteri Pertanian RI Muhammad Prakosa PhD, penyelenggaraan pembangunan pertanian di masa datang tetap harus memposisikan pertanian sebagai sektor andalan perekonomian yang berperan sebagai penggerak pembangunan yang dapat menstimulasi pembangunan sektor lain sekaligus mampu memberikan peningkatan taraf hidup bagi para pelakunya. Artinya, sektor pertanian mempunyai prospek dan peluang pengembangan yang cukup cerah.

Menurut Pembantu Dekan I Fakultas Pertanian UMY Ir Hj. Lestari Rahayu MP, Indonesia memiliki modal sumber daya alam (SDA) yang cukup besar berupa produk-produk pertanian yang mampu bersaing di pasar internasional. Memasuki era perdagangan bebas, potensi ini harus digarap dengan serius dan benar.

Dari sisi kuantitas potensi sumber daya manusia (SDM) pertanian, jumlahnya sekarang ini sangat besar. Namun memasuki era industrialisasi pengembangan agribisnis dan agroindustri harus didukung oleh kualitas SDM yang ulet, memiliki kecerdasan dan kemandirian yang tangguh. Karenanya, jika berminat meningkatkan diri dalam SDM di bidang Pertanian, pilihan utamanya adalah Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kenapa? Selain keunggulan-keunggulan di bidang visi dan misi, program dan dosen, sarana dan prasarana, maka keunggulan UMY yang ada di kota Pelajar, kota Mahasiswa juga merupakan faktor utama untuk belajar di UMY. Sebagai kota Pelajar, Yogyakarta dikenal mempunyai biaya hidup yang rendah. Sehingga untuk menjadikan sarjana Pertanian di Yogyakarta relatif lebih murah ketimbang di kota-kota besar lainnya.

Biaya pendidikan (SPP) di Fakultas Pertanian UMY termasuk murah dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Sumbangan Pembangunan yang telah ditetapkan pun dapat diangsur selama mahasiswa menempuh studi. Bahkan untuk mahasiswa yang mempunyai prestasi tertentu, masih terbuka untuk menerima sejumlah bea siswa yang diberikan berbagai pihak kepada mahasiswa Fakultas Pertanian UMY.

Lebih-lebih jika orang tua atau wali menginginkan anaknya juga mendapatkan pelajaran agama yang memadai, maka Fakultas Pertanian UMY tidak salah lagi. Sebagai sebuah institusi yang dikelola Muhammadiyah, porsi pendidikan agama amat sangat diperhatikan. Karenanya, bisa saja nanti selain ahli pertanian juga ahli di bidang dakwah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Fakultas Pertanian UMY, menurut Pembantu Dekan I Ir Hj Lestari Rahayu MP, menerima Pendaftaran Mahasiswa Baru setiap tahun, mulai bulan Juni – Agustus dengan persyaratan sebagai berikut: Pertama, lulusan SMU/SLTA Umum/ Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA dan IPS serta Sekolah Kejuruan Pertanian. Kedua, menyerahkan 1 (satu) lembar fotocopy ijasah (STTB) terlegalisir. Ketiga, menyerahkan 2 (dua) buah pas foto terbaru ukuran 3×4. Dan keempat, mengisi formulir dan membayar biaya pendaftaran.

Keterangan lebih lanjut dapat ditanyakan pada Sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UMY setiap jam kerja. Untuk itu, bisa datang langsung ke Kampus Fakultas Pertanian UMY Jl. HOS Cokroaminoto No.17 Yogyakarta 55253 Telp/Fax (0274) 618044 atau ke Kampus Terpadu Jl.Lingkar Barat, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183 Telp (0274) 387656, 387657 atau faksimili (0274) 387646 atau hotline: (0274) 618044. (isf).


Sumber : directory.umm.ac.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s