Lembaga Mahasiswa Fakultas Pertanian UMY Hadiri Sosialisasi Terkait Relokasi Kantin

UMY – Kemarin kamis (4/6) empat lembaga organisasi kemahasiswaan Fakultas Pertanian UMY DEMA, IMM, Himagro dan Himasepta hadiri sosialisasi yang diadakan LPKA UMY terkait relokasi kantin yang ada di UMY. Acara yang bertempat di gedung AR. Fachruddin A tersebut menghadirkan pembicara kepala LPKA UMY bapak Ir. Agus Nugroho, M.P serta Wakil Rektor 2 bapak Dr. Suryo Pratolo. IMG_06062015_155825

Gambar : doc. Loper

Rencananya kantin yang berada disebelah utara dan selatan akan direlokasikan ke gedung baru. Dengan dalih kantin yang sekarang kurang menerapkan kebersihan alias kumuh, apalagi mengingat letaknya berdekatan dengan tempat parkir kendaraan bermotor. “ kami akan merelokasikan kantin utara dan selatan ke gedung yang baru yang rencananya berkonsep indoor dan bertingkat, waktu pembagunannya kira-kira satu tahun ” tutur Dr. Suryo.

Ketika ditanya soal nasib para pedagang dan pegawainya yang notabenya mata pencahariannya hanya tergantung pada kantin yang harus menunggu selama satu tahun, pihak UMY memberikan kelonggaran untuk berjualan di luar kampus dan menyediakan uang infak,” kami tiap tahunnya menyediakan infak sebesar 3 milyar, dana ini digunakan untuk membentengi UMY radius 2 kilometer agar tetap bisa menjadi unggul dan islami dan dari uang infak ini juga dapat digunakan untuk membantu padangang kantin yang direlokasi”, terang Wakil Rektor 2 tersebut.

Selain mensosialisasikan terkait kantin juga disosialisasikan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan bidang kemahasiswaan. Guna melancarkan kegiatan mahasiswa, selain menyediakan dana rutin pihak kampus juga mengelontorkan dana non-rutin, “dana non-rutin dapat digunakan dengan mengajukan proposal terlebih dahulu dan aktifitas yang akan dilakukan sebaiknya bersifat kompetitif”, jelas bapak Agus. Tahun ini UMY menggelontorkan dana non-rutin cukup besar. “ kami menyediakan 1,5 Milyar pada tahun ini dan akan ditingkatkan menjadi 2 milyar di tahun depan”, imbuh Wakil rektor 2.

Dalam meningkatkan softskill dan pengalaman kerja bagi mahasiswa, pihak kampus memiliki program temporary worker. Bagi mahasiswa yang telah menempuh minimal 6 semester dan 1 tahun setelah diwisuda dapat mendaftarkan untuk menjadi staff di UMY. Tiap tahunnya akan merecrut 50 orang dan akan dikontrak selama 2 tahun. Selain itu juga akan mendapatkan berbagai fasilitas, “kami akan memberikan fasiltas berupa gaji UMR Jogja dan tunjangan lainnya seperti seragam”,  tutur Dr. Suryo.

Kabar gembira bagi mahasiswa yang lolos PKM-kewirausahaan, sebelum romadhon tahun ini pihak kampus akan membangunkan ruko. Ruko ini nantinya dapat digunakan untuk lokasi jualan para mahasiswa PKM-kewirausahaan. “kami akan memberikan rukonya secara gratis selama satu tahun”, imbuh bapak Dr. Suryo. Selain itu ruko ini juga dapat digunakan oleh UKM Koperasi mahasiswa (KOPMA) UMY dan usaha-usaha lainnya.(Rzk)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s