Tabulampot; Budidaya Alternatif

Oleh: Hamidatun nisa

Budidaya adalah proses memperbanyak jumlah tanaman yang sejenis dalam sebuah lahan. Budidaya merupakan kegiatan bertani mulai dari menanam sampai dengan memanen dan pendistribusian barang.

Dewasa ini banyak orang mulai melakukan budidaya karena banyak orang telah sadar betapa pentingnya menanam untuk masa depan kita nantinya. Mulai banyak orang melakukan budidaya tanaman tertentu dan menjualnya dan menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi. Tanaman yang biasa dibudidayakan adalah tanaman buah. Hal ini karena tanaman buah tidak hanya dapat dimanfaatkan pohonnya sebagai peneduh namun dapat juga dimanfaaatkan buahnya untuk dikonsumsi.

Kendala yang dihadapi saat orang akan memulai untuk menanam adalah tidak ada lahan, tidak mengetahui cara budidaya, tidak ada modal, dan lain sebagainya. Banyak alasan orang untuk memulai membudidayakan tanaman. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam menaman diantaranya adalah jika tidak memiliki lahan untuk menanam maka kita dapat memulai dengan menaman tanaman tersebut didalam pot. Selain tidak memerlukan lahan untuk menanam bertanam dalam pot juga menguntungkan kita saat akan memindah posisi tanaman tersebut. Berikut adalah contoh bertanam dalam pot.

1

(Tanaman Kelengkeng dalam pot)

Tanaman ini telah mulai dibudidayakan di daerah Ngawi, Jawa Timur. Tanaman kelengkeng dalam pot ini memiliki banyak kentungan diantaranya dapat dijadikan peneduh di teras rumah dan sebagai hiasan, tanaman ini dapat juga digunakan untuk diambil buahnya. Tidak seperti kelengkeng pada kebanyakan tempat yang memerlukan waktu yang lama bahkan bertahun-tahun untuk berbuah. Pada penanaman tanaman ini lebih menggunakan teknik budidaya tanaman dengan sistem stek batang dan ini menjadikan tanaman tidak memerlukan waktu yang lama untuk berbuah.

(Tanaman kelengkeng yang telah berbunga pada usia kurang dari 4 bulan)

Beberapa hal tersebut adalah keuntungan yang kita dapat dalam bidang pertanian yang dapat diterapkan dalam masyarakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s