Pertemuan Kedua “PSBIP”, Coba Dalami Ilmu Tanah

IMG_05042015_172422

UMY – Paguyuban Sinau Bareng Ilmu Pertanian (PSBIP), komunitas yang dibentuk oleh Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) tersebut, mendalami kajian tentang tanah di Saung Green House Fakultas Pertanian UMY, Ahad (5/4) sore kemarin. Dalam kajian yang di moderatori Teguh Utomo tersebut, materi di sampaikan oleh Bernaditha dan Dwi Ndaru (anggota HIMAGRO).

Dalam forum tersebut, pemateri pertama menyampaikan bahwa terbentuknya tanah merupakan fenomena alam yang melibatkan banyak faktor di antaranya iklim,bahan induk,organism/vegetasi, tumbuhan dan waktu. Lebih lanjut pemateri menyampaikan mengenai tekstur dan struktur tanah. Selanjutnya, pemateri kedua menyampaikan peran tanah sebagai media tumbuh tanaman. Pemateri juga menyampaikan bahwa tanah yang  di kehendaki tanaman adalah yang berstruktur gembur, di dalamnya terdapat ruang pori-pori yang dapat diisi oleh air tanah dan  udara.

Acara yang melibatkan mahasiswa berbagai angkatan tersebut, setelah materi disampaikan, dilanjutkan dengan forum diskusi. Sesi diskusi memunculkan pertanyaan mengelitik, terkait apa yang mendasari pengertian tekstur dan struktur tanah. “Apakah tekstur membentuk struktur atau sebaliknya?” pertanyaan tersebut terlontar dari salah satu peserta paguyuban. Pertanyaaan tersebut langsung di tanggapi secara antusias oleh peserta forum lainnya. Pernyataan yang menyinggung tentang pori mikro dan pori makro dalam tanah juga sempat terlontar, bahkan pembahasan mengenai hal ini lebih interaktif,. Banyak anggota diskusi yang ‘ngotot’ maju untuk mencoba menerangkan dengan analogi-analogi agar lebih mudah untuk difahami.

Diskusi di akhiri ketika adzan magrib berkumandang. Tidak ada kesimpulan dari diskusi yang dipromotori oleh Teguh Utomo tersebut. “Diskusi ini tidak diberi kesimpulan, supaya kita terus bertanya-tanya dan terus memikirkannya” ujar Teguh Utomo saat ditemui selepas diskusi tersebut (Rzk)

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s