DEMA FP Jembatani Mahasiswa dengan Dekanat

20150404_113730

UMY– Dewan Mahasiswa Fakultas Pertanian (DEMA FP) UMY selenggarakan “Public Hearing” Sabtu (4/4) kemarin. Kegiatan tersebut merupakan forum audiensi antara Mahasiswa dengan Pimpinan Fakultas Pertanian UMY. Dalam kegiatan, tampak dihadiri oleh jajaran Pimpinan Fakultas, aktivis Lembaga Mahasiswa di fakultas (DEMA, Himagro, Himasepta dan IMM) serta mahasiswa perwakilan kelas.

Kegiatan dengan tema “Lewat Aspirasi Kita Wujudkan Visi yang Nyata” tersebut, merupakan tindak lanjut dari pengumpulan aspirasi mahasiswa pertanian oleh Dewan Legislatif DEMA FP UMY. Dalam forum disampaikan seluruh aspirasi mahasiswa yang terbagi menjadi 4 kategori; fasilitas kampus, sistem akademik, kemahasiswaan dan sistem birokrasi. Tuntutan mahasiswa terkait fasilitas diantaranya : 1) keamanan helm di tempat parkir, 2) rehabilitasi lobi gedung G4 Lt. 2 yang sering bocor saat hujan, 3) pengadaan komputer di Ruang F5.003, 4) transparansi alokasi dana, 5) merapikan papan informasi, serta 6) kebersihan fasilitas kamar mandi.

Dalam forum tersebut pihak Dekanat menyampaikan bahwa semua tuntunan mahasiswa akan direalisasikan semaksimal mungkin. Terkait keamanan di tempat parkir, Ibu Rina selaku Wakil Dekan I berharap adanya pelaporan dan pendataan korban kehilangan helm, sehingga kasus tersebut dapat ditangani. Sedangkan dalam hal pendanaan, “pihak Fakultas hanya mengelola 70 % dari total pembayaran mahasiswa yang digunakan untuk proses belajar mengajar, sedangkan 30 % lainnya dikelola oleh universitas,” ujar Ir. Eni Estianti, MP (Kaprodi Agribisnis). Pihak Dekanat juga akan mengusahakan pembuatan skema penggunaan dana secara umum. Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Sarjiyah, MS juga menambahkan, terkait fasilitas-fasilitas penunjang perkuliahan. Dekanat juga meminta seluruh mahasiswa untuk dapat saling menjaga dan memelihara seluruh fasilitas yang ada.

Teguh Utomo, Mahasiswa Agroteknologi 2012, dalam forum tersebut menekankan peran mahasiswa dalam merealisasikan visi dan misi Fakultas Pertanian. Adanya kelompok-kelompok diskusi kecil yang dibuat oleh tiap Lembaga Mahasiswa, yaitu “Paguyuban Sinau Bareng Ilmu Pertanian (Himagro), Diskusi Civitas Seputar Pertanian (DEMA), Sanggar Langit Bumi (IMM) dan Komunitas Profesi (Himasepta) merupakan wadah yang dapat menunjang keilmuan mahasiswa. Oleh karena itu, pihak Fakultas harus mendukung sepenuhnya dari aktivitas mahasiswa tersebut.

Kegiatan yang dimulai pukul 11.00 di ruang F5.001 tersebut, dirasa belum dapat menjawab seluruh aspirasi mahasiswa. Mahasiswa berharap ada tindak lanjut terhadap forum ini. Forum “Public Hearing” diakhiri pada pukul 13.30, hasil diskusi akan dirapikan dan diserahkan kepada pihak Dekanat untuk ditindaklanjuti.[YS]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s