Sambil Wisata, Gali Potensi Bisnis Dunia Pertanian

Banyuroto-Aufklarung. HIMASEPTA (Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian) kembali menyelenggarakan ADB (Agribisnis Dolan Bareng) dengan tema “Gali Potensi Bisnis Dunia Pertanian” (9/11). Hanif Nafiah (Ketua HIMASEPTA), mengatakan bahwa ADB merupakan sebuah kegiatan dalam bentuk wisata dan belajar. Kegiatan ini mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai sambutan bagi para mahasiswa baru sekaligus silaturahmi antar angkatan dan mengenalkan pada mahasiswa baru bahwa di dunia pertanian banyak yang bisa dijadikan bisnis.

Menurut perempuan yang akrab dipanggil Hanif ini, pada dasarnya belajar pertanian itu tidak hanya berkutat pada teori-teori dalam perkuliahan saja melainkan harus diimbangi dengan praktek lapangan. Dan hal inilah yang dilakukan HIMASEPTA sebagai lembaga keprofesian, yang mencoba menumbuhkan semangat pertanian para mahasiswa baru. Dalam acara ini Hanif berharap semoga para mahasiswa pertanian mempunyai semangat yang tinggi untuk belajar ilmu pertanian.

Acara yang diselenggarakan di sekitaran daerang Magelang ini(red: Banyuroto) diikuti sekitar 30 orang yang terdiri dari angkatan 2012, 2013, 2014 dengan 2 tempat tujuan. Tempat yang pertama yaitu kebun Stroberry, disana para peserta diberi pengenalan lebih jauh mengenai buah stobery, cara budidaya, pemetikan (panen), pengemasan dan pemasaran. Sedangkan tempat yang kedua yaitu Ketep Pass, disana para peserta diajak berdiskusi dan lebih menjalin keakraban antar peserta. Salah satu peserta, Habibie mengatakan bahwa dengan mengikuti ADB ini, dia mendapat pengetahuan baru yaitu ternyata stroberry terbagi atas 2 jenis yaitu Holand dan Festival. Dari kedua jenis tersebut mempunyai sedikit perbedaan yang berkenaan dengan ketahanan buah terhadap kerusakan. Holand merupakan buah stoberry manis yang mempunyai karakteristik cepat rusak sehingga buah ini harus cepat dikonsumsi. Sedangkan Festival merupakan buah stroberry yang mempunyai karakteristik tidak cepat rusak sehingga buah ini cocok untuk dikirim ke berbagai tempat. (TGH)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s