HIMAGRO BERAKSI DI MERAPI

aufklarung-2014

Merapi-Kilas_Auflarung, Hari Minggu bukan berarti hari untuk bersantai-santai, melainkan hari untuk lebih aktif dalam belajar. Hal inilah yang dilakukan oleh para pengurus HIMAGRO di dusun Jambu, Umbul Harjo, Cangkringan-Merapi pada minggu (9/11). Bentuk pembelajaran yang dilakukan di merapi adalah berupa kegiatan pengabdian HIMAGRO yaitu pembuatan rumah kompos. Jony Prasetio (Koordinator pelaksana) mengatakan bahwa Pengabdian HIMAGRO adalah suatu model pengabdian kepada masyarakat dari pihak HIMAGRO ke masyarakat agar para pengurus HIMAGRO bisa belajar untuk lebih bertanggung jawab dengan yang menjadi komitmen HIMAGRO sebagai lembaga keprofesian. Dwi Putra (ketua HIMAGRO) menambahkan bahwa pengabdian HIMAGRO dalam bentuk rumah kompos bertujuan sebagai bentuk silaturahmi antara himagro dan masyarakat merapi karena merapi merupakan desa yang menjadi mitra HIMAGRO selama beberapa tahun ini. Disamping itu pengabdian tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kreativitas mahasiswa beserta masyarakat untuk mengoptimalkan limbah peternakan.

Pengabdian HIMAGRO berupa rumah kompos ini dibagi atas dua tahap yaitu tahap jangka pendek berupa pembuatan rumah kompos dan tahap jangka panjang yaitu setelah rumah kompos tersebut jadi, pihak HIMAGRO berencana mengajak pemilik ternak di dekat lokasi rumah kompos untuk membuat pupuk kompos. Setelah itu, kompos yang jadi tersebut bisa menjadi produk yang nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat di Huntap (Hunian tetap) Batur yang mayoritas penduduknya memiliki sapi perah. Dengan sosialisasi tersebut diaharapkan agar para warga tertarik untuk mengolah limbah ternak menjadi kompos. Dengan demikian secara tidak langsung bisa membantu warga atau petani dalam mewujudkan kedaulatan pupuk bagi dirinya sendiri.

Darend selaku  ketua bidang pengabdian masyarakat mengatakan bahwa tercetusnya ide untuk membuat rumah kompos tersebut dilatar belakangi oleh begitu banyaknya limbah peternakan berupa kotoran sapi yang tidak termanfaatkan. Oleh karena itu HIMAGRO berinisiatif untuk menggerakkan semangat warga untuk mengelola kotoran sapi tersebut untuk dibuat kompos yang nantinya bisa digunakan untuk memupuk tanaman yang ditanam warga.

Dalam pengabdian HIMAGRO ini, pembuatan rumah kompos dilakukan di salah satu lokasi dekat dengan peternakan sapi warga setempat (red: Bpk. Tri). Kegiatan minggu pertama yang dilakukan yaitu membangun kerangka rumah kompos dengan menggunakan bambu. Para pengurus HIMAGRO terlihat begitu bersemangat meskipun rasa lelah tetap mendera. Hal ini dikarenakan pada hari sebelumnya para pengurus HIMAGRO mengadakan makrab HIMAGRO. salah Satu pengurus yaitu Siti hanifah berkomentar “ Amazing, walaupun berkeringat bisa tetap tertawa bahagia, Gila. Semoga tujuan himagro ini bisa tercapai, tetap menjaga ikatan kebersamaan. Tetap berkontribusi untuk masyarakat.”. (TGH)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s